About Us

82255160

Mendengar kata “balai-banjar” pikiran otomatis akan melayang ke Bali. Ya, Balai-banjar adalah bangunan yang selalu ditemui di setiap desa/dusun di Bali, dan memegang peranan sangat penting dalam hal yang berkaitan dengan aktivitas sosial masyarakat di desa yang bersangkutan. Balai-banjar adalah bangunan multi fungsi. Rapat-rapat antara pengurus desa dengan anggota masyarakat, bermacam pertemuan antar warga menyangkut permasalahan sosial & budaya, latihan  tari dan kesenian lainnya, pertemuan ibu-ibu, sampai pada dapat juga difungsikannya balai-banjar sebagai TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada pemilihan pemimpin desa, daerah, maupun nasional.

Tapi ini bukan cerita tentang Bali. Disini kata “balai-banjar” hanya dipinjam sebagai nama suatu komunitas konsultan di dunia maya (virtual), dimana semangat yang diambil dari kata ini adalah rasa kegotong-royongan sosial yang tinggi dari suatu kelompok masyarakat yang berlangsung secara sangat efektif dalam menanggulangi tanggung jawab bersama yang harus dihadapi. Di balai-banjar kepentingan individual menjadi larut, pupus dan tenggelam di dalam kepentingan bersama yang kemudian dipikul pula secara bersama-sama.

Dengan analogi ini diharapkan “balaibanjar.net” dapat pula berfungsi sebagai wadah urun rembug komunitas konsultan teknik dalam membahas berbagai topik permasalahan yang menyangkut pencarian peranan mereka yang tepat dalam upaya bangsa ini keluar dari keterpurukan dalam segala bidang yang terus berlangsung sampai sekarang. Urun rembug di dunia virtual ini dapat dilakukan dengan cara yang cerdas, demokratis, egaliter, dan tanpa dibatasi oleh sekat-sekat kelompok ataupun bayangan kekhawatiran akan digilas oleh sesuatu kekuatan yang ingin mempertahankan paradigma lama dalam dunia konsultan.

Kehidupan konsultan sejak awal era orde baru adalah kehidupan yang jauh dari suatu dinamika pengembangan  bidang profesi yang sehat. Terlalu banyak aturan dan peraturan yang masih bergaya “top-down” yang suka atau tidak suka harus diterima oleh konsultan tanpa adanya peluang yang memadai untuk membicarakannya secara lebih terbuka dan dalam posisi kesetaraan.

“balaibanjar.net” ingin menyalurkan sejumlah besar pemikiran-pemikiran, obsesi, dan masukan dari para konsultan ini, membahasnya melalui komentar dan tulisan  guna mengembangkan gagasan-gagasan yang layak untuk ditindak-lanjut, dengan tujuan yang sangat sederhana yaitu mencari peranan yang pas sesuai dengan tuntutan profesi dan tantangan zaman, dalam rangka kegotongroyongan segenap unsur bangsa dalam upaya menuju kejayaan Indonesia yang didambakan bersama.

“balebanjar.net” ingin mengajak segenap pemangku kepentingan (stakeholder) untuk berpartisipasi dalam urun rembug ini. Para pemangku kepentingan ini termasuk instansi pemerintah yang terkait dalam pengaturan kehidupan konsultan, instansi pemberi tugas (client), investor yang bertindak selaku client, pemasok, perusahaan konsultan, konsultan perorangan, tenaga ahli professional dan sub profesional, dan tentunya anggota masyarakat sendiri. Semua pemangku kepentingan ini mendambakan kinerja konsultan yang maksimal dalam menjalankan tugas, tanggung jawab, dan peranannya. Silahkan kemukakan opini, komentar, atau uneg-uneg anda melalui “balaibanjar.net” dalam satu semangat yang positif : urun rebug untuk kejayaan bangsa.